Thursday, October 4, 2012

Keutamaan Ibadah Haji¤

Sudah kita ketahui bersama bahwa haji adalah ibadah yg amat mulia. Ibadah tersebut adalah bagian dari rukun Islam bagi orang yang mampu menunaikannya.

Nabi ditanya, "Amalan apa yg paling afdhol? Beliau menjawab, "Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya." Ada yg bertanya lagi, "Kemudian apa lagi? Beliau menjawab, "Jihad di jalan Allah." Ada yg bertanya kembali, "Kemudian apa lagi?"Haji mabrur", jawab Nabi ." (HR. Bukhari )

"Dan haji mabrur tidak ada balasan yg pantas baginya selain surga (HR. Bukhari & Muslim ).

"Wahai Rasulullah, kami memandang bahwa jihad adalah amalan yang paling afdhol. Apakah berarti kami harus berjihad? "Tidak. Jihad yang paling utama adalah haji mabrur", jawab Nabi . (HR. Bukhari )

"Siapa yg berhaji ke Ka'bah lalu tidak berkata-kata seronok & tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya. (HR. Bukhari ).

Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yg mabrur kecuali surga." (HR. An Nasai ,Tirmidzi , Ahmad )

"Orang yg berperang di jalan Allah, orang yg berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri" (HR. Ibnu Majah).

Begitu luar biasa pahala dari berhaji. Semoga kita pun termasuk orang-orang yg dimudahkan oleh Allah untuk menjadi tamu-Nya di rumah-Nya.

Semoga kita dapat mempersiapkan ibadah tersebut dengan kematangan, fisik yang kuat, dan rizki yg halal. Semoga Allah mengaruniakan kita haji yg mabrur yg tidak ada balasan selain surga.

Referensi: Ar Rofiq fii Rihlatil Hajj, Majalah Al Bayan
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment