Friday, January 13, 2012

Menjaga Kesehatan dengan Meneladani Rasulullah

Resensi Oleh: Juriono, S.Th.I

Judul Buku      : Rasulullah Is My Doctor
Penulis             : Jerry D. Gray
Penerbit           : Sinergi Publising
Tebal Buku      : 266 hlm.
Cetakan ke -7  : Juli 2011

Semua orang pasti sepakat untuk mengatakan bahwa biaya pengobatan sekarang ini mahal. Bahkan ada semacam anekdot bahwa orang miskin dilarang sakit. Mengapa? Orang yang berlimpah hartanya saja bisa terkuras habis, apalagi yang tidak memiliki apa-apa.
Alhamdulillah kita sebagai ummat Nabi Muhammad telah diberikan contoh dan suri tauladan yang baik termasuk dalam menjaga kesehatan kita. Rasulullah adalah manusia yang dalam hidupnya hanya merasakan sakit sebanyak 3 kali saja. Hal ini menunjukkan betapa pribadi beliau patut menjadi contoh dalam hal memelihara kesehatan. Dari hidup beliaulah bisa didapati resep-resep agar tetap sehat atau menyembuhkan penyakit.

Keunggulan-keunggulan pengobatan Rasulullah ini tidak dimiliki oleh pengobatan modern. Sering kali pengobatan modern menimbulkan efek samping  yang bahkan dapat merenggut nyawa seseorang. Memang ia meredakan penyakit, tetapi disaat yang sama membahayakan anggota tubuh lain  yang tidak sakit. Jadi, risikonya adalah penyakit yang satu reda, penyakit yang lain timbul. Begitu seterusnya.
Dari sini saja sebetulnya masyarakat punya pilihan yang teramat mudah diputuskan. Masayarakat dapat meninggalkan pengobatan yang mengandung efek samping  dan beralih ke pengobatan yang lebih aman. Di sinilah Jerry D. Gray mengulasnya demi membuka mata dan hati pembaca tentang dunia kesehatan masa kini.
Penulis buku Rasulullah Is My Doctor ini tidak hanya memberi kritikan tajam terhadap keadaan yang sedang terjadi, ia juga memberikan solusi alternatif. Berdasarkan pengalaman hidup dan penelitiannya  ia menyajikan buku ini. Gaya hidup sehat yang ia pilih adalah gaya hidup sehat ala Rasulullah. Ia juga mengkombinasikan gaya hidup sehat  ini dengan konsumsi nutrisi alami. Insyaallah semuanya akan memberikan efek yang luar biasa pada kehidupan kesehatan kita.
Bagi kita yang ingin mencontoh bagaimana Rasulullah menjaga kesehatannya, maka buku ini wajib untuk kita miliki. Ada beberapa alasan bagi kita mengapa harus memiliki buku ini diantaranya;
Pertama: buku ini mengulas bagaimana seorang muslim harus memiliki keyakinan bahwa Allah adalah Yang Maha pemberi kesehatan. Karna hanya dengan keimananlah seseorang dekat dengan Allah. Jika seorang hamba sudah dekat dengan Allah, maka kasih sayang-Nya akan selalu tercurah dan segala mara bahaya (penyakit dan segala kesusahan) akan senantiasa terjaga.
Kedua: penulis mengajak pembaca untuk memahami betapa pentingnya sebuah doa, dimana doa merupakan senjata bagi seorang mukmin. Dalam doa yang sekaligus dijadikan sebagai media obat yang penulis kutib adalah berdasarkan quran dan sunnah. Hal ini juga di pahami dengan metode Rukyah. Alquran juga telah terbukti bahwa ia merupakan mukjizat yang tak perlu diragukan lagi, apalagi Allah sudah menjelaskan bahwa ia adalah obat (syifa’) dan menjadi rahmat bagi orang-orang yang beriman.
Ketiga: penulis mengajak untuk kembali menilik sejarah, betapa masyhurnya obat tradisional yang bernama Habbatussauda (biji jintan hitam) di masa lalu. Jerry pun menuliskan sejarah tersebut dari masa silam sampai ke beberapa penelitian yang menunjukkan hal positif terhadap khasiat dari jintan hitam tersebut. Bahkan ia mengutip beberapa hadis yang berkaitan tentang hal ini. Selain jintan hitam ia juga mengulas tentang madu, kurma dan masih banyak lagi jenis obat-obatan yang termaktub dalam Alquran dan Sunnah.
Keempat: Berbekam, seorang muslim seyogianya memahami terapi ini, dimana Rasulullah telah menyebutnya dalam beberapa hadisnya. Namum sayangnya masih banyak di antara kita yang masih belum pernah melakukannya dengan bermacam alasan, padahal ini adalah petunjuk dari Rasulullah.  Dalam bukunya, Jerry menjelaskan beberapa manfaat dari bekam dan dibandingkan dengan pengobatan modern dengan menunjukkan hasil yang positif dari berbagai penelitan.
Tentunya tidak hanya berdasarkan keempat alasan di atas, dalam buku ini penulis juga memberikan resep-resep pengobatan dengan buah-buahan dan tumbuhan yang diramu  sesuai dengan pengalaman pribadinya. Ramuan-ramuan tersebut disajikan dalam buku ini untuk menjaga kesehatan atau bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti; mata,  kangker, kolesterol, batuk, flu, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit perut, maag dan lain sebagainya. Wallahu A’lam  (Jr)

No comments:

Post a Comment